yoshinaga-kimono

Reportase : Maika-janesi Yoshinaga
Mahasiswa BIPA dari Universitas Kanda Gaigo di ISP Malang Kucecwara

MAYORITAS orang Jepang, lelaki dan perempuan, pernah memakai baju tradisional kimono. Setidaknya satu tahun sekali dalam upacara merayakan umur 20 tahun.

Ada berbagai jenis motif dan warna kimono, dari bunga, salju, hingga daun. Hampir semua motif berasal dari alam.

Kimono untuk perempuan disebut kimono, untuk lelaki disebuthakama. Bedanya, hakama mempunyai dua bagian, atas dan bawah. Kalau kimono perempuan terdari dari satu bagian kain.

Khusus untuk acara seijin-shiki, upacara perayaan umur 20 tahun, dapat dipilih motif kimono yang disukai. Kimono tersebut bisa disewa, dibeli, dan ada juga yang memakai kimono kuno peninggalan nenek moyang.

Untuk acara tersebut, perempuan biasanya memakai kimonoberlengan panjang, sekitar satu meter. Panjang lengan kimonomemiliki makna khusus.

Salah satu asal usulnya adalah pada zaman Meiji, perempuan lajang dilarang mengekspresikan perasaan terhadap laki-laki dan menjawab tanda cinta mereka yang menyukainya dengan kata-kata.

Jadi, perempuan zaman itu memberi jawaban menolak atau menerima cinta lewat lengan kimono mereka yang panjang. Itulah kenapa perempuan Jepang memakai kimono berlengan panjang untuk memeringati umur 20 tahun.

Akan tetapi, lengan kimono perempuan setelah menikah tidak begitu panjang, hanya sekitar 50 cm. Apalagi, panjang lengankimono yang dipakai juga berbeda sesuai dengan tujuannya.

Misalnya, panjang lengan kimono untuk ulang tahun ketika berumur 20 hampir sepanjang lengan kimono untuk pernikahan tradisional di Jepang.

Namun, semakin modern zaman, semakin berbeda kebiasaan berkimono warga Jepang. Hal tersebut juga memengaruhi baju tradisional Jepang. Sekarang, lembar kimono tidak asli lagi agar pemakainya merasa nyaman. Hal ini menunjukkan, kimono yang asli lebih panas, berat, dan ketat.

Sekarang mungkin tidak semua orang Jepang memakai kimonountuk acara-acara tersebut dibandingkan zaman dulu. Namun, inilah sekilas budaya berkimono Jepang, dulu dan sekarang.

sumber: http://surabaya.tribunnews.com/2016/11/01/tahukah-kau-arti-panjang-lengan-kimono-jepang

Tahukah Kau Arti Panjang Lengan Kimono Jepang?