Jalan-Jalan Bareng Ke Junggo Batu

Dalam rangka lebih mengenalkan aspek sosio-kultur masyarakat Indonesia, Program Bunga ISP MCE hari ini (22/02) mengajak 22 mahasiswa dari Jepang yang jadi peserta program, melakukan studi lapang ke desa Tulungrejo Junggo, Batu. Para mahasiswa diajak untuk lebih mengetahui kehidupan pedesaan khususnya kali ini adalah masyarakat petani.

Di awal perjalanan rombongan mengunjungi kantor Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mitra Arjuna, KWB, yang terletak di kawasan Junggo. Ditemui langsung oleh pimpinan Gapoktan Mitra Arjuna, Ir. Luki Budiarti dan Imam Hanafi SP, para mahasiswa banyak mendengar cerita tentang kehidupan pedesaan secara umum maupun secara spesifik seperti cara produksi, mengolah dan memasarkan hasil-hasil pertanian dikawasan tersebut. Para mahasiswa dari Jepang itu pun juga diberi kesempatan untuk bertanya dan ternyata banyak juga diantara mereka yang mengangkat tangannya ingin bertanya.

Selanjutnya rombongan diajak menuju ke belakang kantor, disana ada berbagai proses pengolahan hasil-hasil pertanian anggota Gapoktan, seperti teh celup, juice, jamur dan juga bunga-bunga segar. Keluar dari belakang kantor, rombongan pun langsung disambut hamparan lahan hijau berisikan aneka tanaman pohon, buah maupun bunga. Semua mahasiswa tampak antusias mengamati maupun mendengarkan penjelasan mengenai aneka tanaman tersebut, bahkan banyak juga yang terkejut saat tahu bahwa beberapa tanaman tersebut justru berasal dari negara mereka.

Setelah berjalan kaki berkeliling menyusuri desa, melihat langsung kehidupan pedesaan sembari menikmati indahnya pemandangan, perjalanan pun berakhir di sebuah warung setempat untuk menikmati makan siang. Di warung ini pun, para mahasiswa juga bertambah pengetahuannya dengan sajian aneka hasil olah masakan yang hampir semua bahan-bahannya berasal dari hasil kebun masyarakat sekitar.

sumber: http://www.malangflash.com/ispmce

You may also like...