Mereka Belajar – Mereka Bisa

Seperti tahun-tahun sebelumnya dalam setiap Program Bunga dilaksanakan, para mahasiswa peserta program diberikan pilihan untuk mempelajari seni budaya nusantara sesuai minat mereka. Untuk tahun ini ada tiga kelas pilihan yang disiapkan oleh ISP MCE yakni kelas Batik, kelas Tari dan kelas Pencak Silat.


Cuplikan tari “Panyembrama”

Dari 22 mahasiswa peserta Program Bunga 2014 ini, 8 diantaranya memilih kelas Tari, 9 memilih kelas Batik dan 5 memilih kelas Pencak Silat. Tak seperti tahun lalu, karena sedikit peminatnya kelas pencak silat ditiadakan.

Kelas Tari dibawah bimbingan Malang Dance Company(MDC) memberikan pelatihan 2 buah tarian yang masing-masing diisi oleh 4 mahasiswa. Tarian pertama adalah sebuah tari Bali “Panyembrama” dibimbing oleh mbak Kiki dan tari kedua adalah tari asli Malangan “Cucak Ijo” dibimbing oleh mbak Rifka, keduanya dari MDC.

Dalam 8 kali pertemuan/latihan, para mahasiwa Jepang ini diharapkan sudah dapat tampil di pentas saat acara perpisahan Program Bunga. Bahasa merupakan satu kendala tersendiri bagi para mahasiswa Jepang kala berlatih bersama pembimbingnya. Untung saja itu tidak menjadi masalah besar di kelas Tari ini, ketekunan dan semangat para mahasiswa maupun pembimbingnya dapat membuahkan hasil yang membanggakan.

Cuplikan tari “Cucak Ijo”

Terima kasih untuk para mahasiswa Jepang ini yang telah mau datang untuk mengenal dan mempelajari salah satu seni budaya negeri ini. Begitu pula bagi mbak Kiki dan mbak Rifka selaku pembimbing, yang secara tidak langsung telah menjadi duta budaya kita, bukan hanya lewat tariannya saja tetapi juga dari cara mereka melatih dan membimbing pasti akan membuat kesan tersendiri bagi para mahasiswa beda bangsa ini…

Tari Panyembarama oleh : Emiri Tomoyose, Yukiko Makimoto, Natsumi Sato dan Natsuko Okubo Tari Cucak Ijo oleh : Ayaka Mashimo, Yuka Ueno, Hitomi Sakai dan Minori Ishida

sumber: http://www.malangflash.com/ispmce

You may also like...