Acara Perpisahan Program Bunga 2013 ISP-MCE

Gedung Balekambang STIE Malangkucecwara hari ini (Minggu,10/03/2013) menggelar acara perpisahan bagi para mahasiswa Jepang yang mengikuti Program Bunga 2013 di Indonesian Studies Program (ISP). Program pembelajaran bahasa dan budaya ini telah berjalan sejak 14 Pebruari 2013 yang lalu dan telah menyelesaikan semua kelas dan programnya.

Acara dihadiri oleh mahasiswa Jepang sebagai peserta program, para pengajar, rekan pendamping (peer-tutor), beberapa undangan dan tak ketinggalan para bapak-ibu asuh dimana para mahasiswa itu tinggal selama satu bulan ini di Malang.

Dalam acara perpisahan yang bertemakan “Gelar Kinerja Pembelajaran Mahasiswa Jepang” ini di meriahkan dengan penampilan tari dan fashion show oleh para mahasiswa peserta program. Tepuk tangan dan decak kagum seolah tak henti mengiringi setiap penampilan dari para mahasiswa tersebut. Dua tari “Galang Pakandayu” dan “Baris-Puspanjali” dibawakan dengan apik oleh para mahasiswa yang memilih kelas Tari, sedangkan fashion show dibawakan oleh para mahasiswa yang memilih kelas Batik sebagai ajang menampilkan hasil karya batik yang dibuat oleh tangan mereka sendiri.

Peserta Program Bunga 2013 dibagi ke dalam dua kelas yakni kelas ‘Bengawan Solo’ dan kelas ‘Musi’. Pada acara tersebut masing-masing kelas menyampaikan kesan-kesan mereka selama mengikuti program dan berada di Malang. Suasana menjadi berubah haru saat salah seorang mahasiswi beberapa kali harus menghentikan kata-katanya untuk mengusap air mata yang menetes saat menyampaikan kesan-kesannya.

Tak mau kalah dengan para mahasiswa Jepang, para rekan pendamping (peer tutor) juga ikut menampilkan kreasi mereka dalam sebuah mini-drama yang berjudul “Asal-Usul Candi Prambanan”. Tak ayal kehadiran mereka turut menambah keceriaan dan gelak tawa hadirin yang datang di acara tersebut.

Diakhir acara, menyertai sambutan serta penutupan secara resmi Program Bunga 2013 oleh Ketua STIE malangkucecwara, Bapak Bunyamin, diserahkan pula sertifikat kepada seluruh mahasiswa Jepang peserta program Bunga 2013 yang semuanya sebanyak 16 orang. Tak seperti sebelum-sebelumnya, untuk pelaksanaan kali ini program ISP-MCE juga memilih/menobatkan peserta dan pendamping berprestasi berdasarkan penilaian keseharian dari para pembina dan pengajar. Untuk peserta pilihan dari kelas ‘Bengawan Solo’ jatuh kepada Nami Yuliani Hasegawa, sementara dari kelas ‘Musi’ jatuh kepada Yuma Dhani Kawana. Untuk pendamping pilihan ada 3 nama yakni Irvak, Dewi Sartika, dan Tommy.

Gelaran acarapun selesai, rangkaian berlanjut dengan ramah-tamah seluruh peserta dan hadirin. Sambil menikmati sajian makan siang, sangat terlihat betapa dekat dan akrabnya para mahasiswa Jepang itu dengan para pengajar, rekan pendamping maupun dengan bapak-ibu asuh mereka, seolah mereka enggan untuk berpisah dan meninggalkan kota Malang ini…semoga!

sumber: http://www.malangflash.com/ispmce

You may also like...