Setelah Belajar Budaya Indonesia di Kota Malang, Ini Janji Mahasiswa Jepang

Penampilan tari mahasiswa Jepang dalam Bunga 2017 di STIE Malangkucecwara, Rabu (15/3/2017).

Penampilan tari mahasiswa Jepang dalam Bunga 2017 di STIE Malangkucecwara, Rabu (15/3/2017).

SURYAMALANG.COM, BLIMBING – Seorang peserta Program Bunga Indonesian Student Program Malangkucecwara School of Economics (ISP MCE) dari Kanda University of International Studies, Yutaka Kanei (21) sudah dua kali ikut program ini.

Dia memilih mendalami seni batik tradisional dalam program yang berlangsung selama 3 minggu itu pada dua tahun lalu. Kali ini, Yutaka memilih mempelajari seni tari topeng.

“Saya terpesona pada tari karena saya merasa bisa memahami nilai yang ada pada orang Indonesia,” kata Yutaka kepada SURYAMALANG.COM, Rabu (15/3/2017).

Meski sulit mempelajari gerakan tangan pada tari topeng, tapi Yutaka sangat tertantang mendalaminya.

“Tari itu menggambarkan kecantikan Indonesia dan mengekspresikan perasaan para penari. Jadi saya sangat tertarik,” tambahnya.

Mahasiswa prodi Bahasa Asing itu juga berkunjung Pasar Blimbing untuk berinteraksi dengan para pedagang.

“Saya ingin tahu masalah di sini. Kalau bisa, saya ikut membantu,” ungkap Yutaka.

Dia juga berjanji akan kembali lagi ke Indonesia untuk mendalami budaya dan Bahasa Indonesia. Jadi, dia bisa ikut memberi solusi dan memecahkan masalah di masyarakat.

“Saya juga akan mengajarkan budaya Jepang dalam kehidupan sehari-hari, misalnya budaya mengantri dan taat aturan,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Indonesian Student Program Malangkucecwara School of Economics (ISP MCE), Suprapti mengatakan program tersebut digelar agar mahasiswa asing tidak hanya mendengar informasi dan masalah di Indonesia. Mahasiswa asing juga bisa memahami langsung.

“Maka dari itu kami terapkan program ‘pencelupan’ ini pada para mahasiswa asing,” kata Suprapti.

Sumber: Surya Malang 15 Maret 2017 | PDF