Sabtu pagi (21/02), 15 mahasiswa peserta Progam Bunga 2015 ISP MCE, berkumpul di salah satu gedung kampus STIE Malangkucecwara. Kali ini mereka akan coba untuk lebih mengenal seni budaya lokal, yakni Topeng Malangan. Bukan dalam bentuk tariannya melainkan lebih ke bentuk fisik topengnya. Dibawah bimbingan mas Handoyo dari Padepokan Asmoro Bangun Pakisaji-Malang, para mahasiwa diajak mewarnai topeng malangan seusai dengan tokoh topeng masing-masing.

Walau hanya sekedar mewarnai saja namun itu sudah membuat mereka (para mahasiswa) begitu tertarik dan antusias mengikuti kelas budaya hari ini. Apalagi mas Handoyo juga sedikit banyak menceritakan tokoh-tokoh dan karakter dari topeng yang sedang mereka warnai.

Walau hanya sekedar mewarnai, sekarang mereka mengetahui, melihat secara langsung dan mendengar kisahnya bahwa di Malang (tempat mereka berada saat ini) juga memiliki seni tradisional dengan ciri khas tersendiri yang tidak biasa mereka temui di negara mereka.

Diawal kelas mereka terlihat senang menerima topeng kayu berbahan kayu sengon yang disediakan oleh mas Handoyo. Sembari mendegarkan penjelasan, mereka mulai asik memainkan kuas dan warna-warni untuk mewarnai topeng yang ada ditangan mereka. Ada yang mengerjakan dengan cepat, ada yang perlahan dan berusaha untuk berhati-hati. Namun sebagian besar dari mereka mereka menyerah dan kesulitan waktu tiba saatnya mewarnai mata serta alis topeng Malangan. Akhirnya sambil senyum-senyum mas Handoyo menerima permintaan beberapa mahasiswa yang ingin diperbaiki pewarnaannya.

Tak hanya sampai disitu, di akhir kelas pewarnaan ini, mas Handoyo mengajak para mahasiswa dari Jepang ini untuk juga mengenal sedikit gerakan dari Topeng Malangan. Walau hanya beberapa menit dan hanya beberapa gerakan saja, mereka tampak menikmati dan senang mengikuti setiap gerak yang dicontohkan oleh mas Handoyo.
Semoga saja apa yang telah mereka dapatkan hari ini bisa berkesan dan menjadi kenangan yang tak terlupakan sekembalinya mereka ke Jepang nanti…

sumber: http://www.malangflash.com/ispmce

Mengenal Topeng Malangan